Jakarta, CNBC Indonesia – Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo, dan calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan, menyampaikan pesan-pesan jelang sidang pembacaan putusan atas gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Ganjar yang tiba lebih dulu pukul 08.08 WIB mengatakan, bersama cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, beserta Tim Hukum Ganjar-Mahfud hadir untuk mengikuti sidang hari ini.

“Hari ini saya dan Pak Mahfud (cawapres nomor urut 03) beserta seluruh tim hukum datang untuk mendengarkan putusan. Itu saja,” kata Ganjar.

“Selebihnya kita harus berikan kepercayaan kepada majelis hakim karena majelis hakim itu punya kemerdekaan untuk memutus dan saya doakan mereka semuanya kuat untuk memberikan putusan yang paling objektif untuk bangsa dan negara,” lanjutnya.

Ganjar-Mahfud meminta MK membatalkan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu 2024. Salah satu hasilnya adalah perolehan hasil pilpres 2024 di mana Prabowo-Gibran unggul dengan raihan 92.214.691 suara.

Apakah mereka optimistis gugatan akan dikabulkan MK?

“Kita harus percayakan kepada mereka. Saya dan Pak Mahfud pasti tidak akan bicara soal materi karena kewenangannya ada di sana,” ujar Ganjar.

Sementara itu, Anies bersama Muhaimin siap mengikuti sidang. Mereka meminta publik mendengarkan putusan MK.
“Dan saya berharap kepada semuanya untuk tertib, untuk menaati semua peraturan bagi semua yang ikut hadir dan kita akan dengarkan bersama,” kata Anies.

“Kita hormati, kita belum tahu, dan kita tidak mau berspekulasi, tapi kita berharap bahwa MK mengambil peran untuk menyelamatkan demokrasi kita, membuat mutu demokrasi kita terjaga,” lanjutnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Anies Tanya Ganjar: Berapa Skor Kinerja Prabowo Jadi Menhan?


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *