Jakarta, CNBC Indonesia – Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, akhirnya buka suara soal ketegangan negaranya dengan Israel. Ini merupakan komentar publik pertamanya sejak Teheran melancarkan serangan langsung terhadap Israel beberapa hari lalu.

Dalam pertemuan dengan komandan militer Iran, Minggu waktu setempat, Khamenei memuji angkatan bersenjata Iran atas keberhasilan mereka serangan ke Israel 12 April. Sebelumnya Teheran menembak 300 lebih rudal ke musuh bebuyutannya itu sebagai balasan serangan Israel ke konsulat Iran di Suriah.

“Angkatan bersenjata menunjukkan gambaran yang baik tentang kemampuan dan kekuatan mereka serta gambaran yang mengagumkan tentang bangsa Iran,” kata Khamenei dikutip AFP, Senin (22/4/2024).

“Mereka juga membuktikan munculnya kekuatan tekad bangsa Iran di tingkat internasional,” katanya.

“Prestasi angkatan bersenjata baru-baru ini telah menciptakan kesan megah dan megah tentang Islam Iran di mata dunia,” tambahnya.

Menyikapi serangan negaranya terhadap Israel, Khamenei mengatakan “masalah jumlah rudal yang ditembakkan atau rudal yang mengenai sasaran” adalah masalah “sekunder”. Persoalan utamanya adalah “munculnya kemauan bangsa dan angkatan bersenjata Iran di kancah internasional”.

Iran dan Israel sendiri memang kini menjadi pusat ketegangan baru di Timur Tengah. Jumat lalu, Israel dilaporkan menyerang balik wilayah nuklir Iran, Isfahan.

Namun, MenterI Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian muncul di media AS Sabtu. Ia mengatakan ke NBC News bahwa “tidak ada serangan” yang terjadi dan menegaskan senjata yang digunakan “berada di level mainan”.

Ia menambahkan tak ada hal baru yang dilakukan Israel. Ia pun mengatakan Iran tak akan memberi respons apapun.

Komentar Abdollahian sebenarnya meredam kekhawatiran global akan pecahnya perang kedua negara yang berujung ke konflik lebih besar di kawasan. Sebelumnya akhir pekan kemarin harga minyak naik setelah pemberitaan balas dendam Israel.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Timur Tengah Makin Panas! Iran Serang Israel, AS Ketar-ketir


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *