Jakarta, CNBC Indonesia – Ketupat sudah menjadi makanan wajib ketika hari raya Idul Fitri. Namun memasak ketupat ternyata memiliki triknya sendiri supaya bisa matang lebih merata.

Hidangan ketupat ini biasanya menjadi pendamping lauk seperti opor ayam, sambal goreng ati, maupun hingga rendang ataupun sayur labu siam.

Membuat ketupat membutuhkan waktu yang panjang, namun juga jangan terlalu singkat supaya ketupat tidak keras. Triknya memang ada pada cara dan lama waktu memasak.

Secara umum memasak ketupat bisa dilakukan dengan cara direbus biasa. Namun biasanya memakan waktu 1 – 4 jam tergantung dari jumlah ketupat yang dimasak.

Dengan beberapa teknik khusus ada beberapa cara agar ketupat anda bisa dimasak dengan waktu yang lebih singkat, hingga menghemat gas anda di rumah.

Berikut 8 teknik memasak ketupat agar matang merata seperti dilansir dari detik food, Sabtu (9/4/2024).

1. Teknik 5 – 30 – 7

Pertama-tama beras dicuci lalu ditiriskan. Setelah air mendidih masukan beras yang sudah dibungkus oleh daun kelapa yang dianyam, dan masak selama 5 menit.

Sesudah matang, diamkan ketupat dalam panci tertutup selama 30 menit. Nyalakan api lagi dan didihkan ketupat sekitar 7 menit. Jika sudah, biarkan ketupat dalam panci hingga uapnya menipis dan simpan dengan posisi tergantung.

2. Teknik Merebus 15 – 30 – 15 – 30

Sesuai namanya, teknik ini memasak ketupat selama 15 menit dan mendiamkannya 30 menit selama beberapa kali. Selain itu, kunci utama metode ini adalah pada kulit ketupat dan beras yang direndam terlebih dulu sebelum direbus.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, rendam dulu kulit ketupat dalam air bersih selama 5 menit. Sedangkan untuk beras, direndam hingga 10 menit. Setelah direndam, masukkan beras dalam kulit ketupat sampai terisi setengah penuh.

Masak ketupat dalam air mendidih selama 15 menit lalu diamkan 30 menit. Kemudian, masak ulang ketupat selama 15 menit dan kembali diamkan selama 30 menit. Angkat ketupat dan tiriskan.

3. Teknik 20-30-20-30

Langkah pertama, rebus ketupat yang sudah terisi setengah penuh dalam air mendidih selama 20 menit. Berikutnya, tutup panci dan biarkan ketupat selama setengah jam.

Setelah menunggu selama 30 menit, masak lagi ketupat selama 20 menit. Kemudian tutup rapat panci dan diamkan kembali hingga 30 menit. Pastikan ketupat sudah benar-benar matang lalu angkat dan simpan dalam suhu ruangan.

4. Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Buat kamu yang ingin memasak ketupat anti ribet, kamu bisa coba menggunakan alat panci presto jika ada. Caranya pun sangat simpel, pertama-tama isilah panci presto dengan air untuk merendam ketupat.

Masak ketupat dalam panci selama 30 menit hingga panci berbunyi. Setelah matang, keluarkan terlebih dulu uap dari panci lalu angkat dan tiriskan ketupat.

Tips agar ketupat tetap awet ketika disimpan

1. Siram Air Dingin dan Keringkan

Agar ketupat bersih dari lendir dan kotoran sisa air rebusan, pastikan untuk siram ketupat dengan air dingin setelah diangkat. Sebisa mungkin keringkan ketupat di tempat terbuka atau di wadah bercelah.

2. Gantungkan Ketupat

Cara paling efektif untuk mengeringkan ketupat dari sisa-sisa air adalah dengan digantung. Biasanya, ketupat yang digantung dalam suhu ruangan dapat bertahan selama 2-3 hari.

3. Hangatkan Ketupat Seperlunya

Apabila hendak menyantap ketupat, kamu bisa menghangatkan ketupat dengan cara dikukus selama 30 terlebih dulu selama 30 menit agar tekstur ketupat menjadi lebih lembut. Namun, ketupat yang dikukus kembali biasanya akan cepat basi. Maka dari itu, disarankan untuk segera habiskan ketupat setelah dihangatkan.

4. Simpan Ketupat Dalam Kulkas

Salah satu trik mudah untuk menjaga ketupat tetap awet adalah dengan menaruhnya di bagian freezer atau chiller dalam kulkas. Dengan begitu, keawetan ketupat pun akan terjaga selama beberapa hari. Pastikan untuk menyimpan ketupat setelah kering, ya.

Sebelumnya, pastikan beras untuk ketupat sudah dicuci bersih dan berkualitas bagus. Sabut kelapa yang digunakan untuk membungkus ketupat, tentunya juga berkualitas baik.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Siap-Siap! Puncak Arus Mudik dari Jabodetabek Diperkirakan H-4 Lebaran


(emy/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *