Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri Sosial Tri Rismaharini blak-blakan pada sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi.

Seperti yang diketahui ada empat menteri yang dipanggil MK pada sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 hari ini, Jumat (5/4/2024), yaitu Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Para saksi ini dipanggil untuk memberikan kesaksian untuk mendalami keterangan mengenai tudingan politisasi bansos yang dapat memenangkan Prabowo – Gibran.

Jokowi mengungkapkan semua menteri yang diundang akan hadir dalam persidangan memenuhi panggilan MK.

Jokowi juga mempersilahkan para menteri untuk menjelaskan apa yang sudah dikerjakan di pemerintahan. Seperti Menteri Sosial terkait bansos hingga anggaran bagi Menteri Keuangan.

“Ya menerangkan apa yang sudah dilakukan masing-masing menteri. Kalau bu Menteri Keuangan misalnya mengenai anggaran seperti apa. Kalau bu Menteri Sosial mengenai bantuan sosial dijelaskan seperti apa. Nanti akan dijelaskan semuanya ditunggu saja hari Jumat,” tegasnya, dikutip Jumat (5/4/2025).

Namun, pada kesempatan itu, Jokowi enggan berkomentar mengenai tudingan politisasi bansos yang sering disebutkan pada persidangan di MK.

“Saya enggak mau mengomentari apapun yang berkaitan dengan MK,” terangnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menjadwalkan kehadiran ke MK pada Jumat 5 April 2024 pukul 08.00 WIB.

“Insya Allah saya hadir di MK,” kata Sri Mulyani saat ditemui di Gedung AA Maramis, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga memastikan datang memenuhi undangan Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan jajaran menteri lainnya yang diundang oleh MK

“Iya datang. Kalau pemerintah kan biasa ada komunikasi, semua kementerian ada komunikasi,” ujar Airlangga di kantornya, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Sosial Tri Rismaharini juga dipastikan hadir dalam sidang tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bansos Diklaim Alat Politik Jokowi, Sri Mulyani Buka Faktanya!


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *